Aktivitas Pelabuhan Kembali Normal

Aktivitas Pelabuhan Kembali Normal
Aktivitas Pelabuhan Kembali Normal

jpnn.com - JAKARTA - Aktivitas pelabuhan-pelabuhan yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali berjalan normal. Kesibukan dan kepadatan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2013 telah sirna.

Pada hari normal di Pelabuhan Merak misalnya, jumlah penumpang yang menyeberang hanya sekitar 3.500-4.000 orang dengan jumlah kendaraan mencapai sekitar 1.500 kendaraan. Demikian juga dengan kondisi penyeberangan Ketapang-Gilimanuk yang memiliki angka serupa.

Bandingkan dengan saat mudik Lebaran, Pelabuhan Merak menyeberangkan 564.593 orang penumpang, kendaraan roda dua mencapai 57.556 unit dan kendaraan roda empat campuran sebanyak 60.289 unit. Itu artinya pada saat Lebaran lalu terjadi lonjakan sebesar 141 persen pada penumpang, 82 persen kendaraan roda dua, dan 40 persen kendaraan roda empat campuran.

"Bisa dibayangkan betapa jajaran ASDP harus bekerja keras untuk mengatur arus mudik di pelabuhan saat Lebaran. Alhamdulilah kami dapat memberikan layanan terbaik, dan dapat penilaian positif dari Menteri BUMN Dahlan Iskan," kata Sekretaris Perusahaan ASDP Christine Hutabarat di Jakarta kemarin (23/8).

Dia berharap, semua pengguna jasa puas dapat melaksanakan tradisi mudik ke kampung halaman melalui angkutan laut tanpa ada insiden kecelakaan (zero accident). Tentu saja pada layanan angkutan Lebaran dengan melibatkan jumlah pergerakan manusia, kendaraan, dan barang yang begitu besar, pasti ada kekurangan.

"Kami akan evaluasi kekurangan-kekurangan itu dan menjadi bahan perbaikan untuk layanan angkutan Lebaran tahun depan," jelas Christine. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, ada faktor takdir pada layanan angkutan Lebaran. Karena dengan persiapan sebaik apa pun, selalu ada kekurangan pada pelaksanaannya.

"Maklum saja, ini kan hajatan besar, melibatkan jutaan orang yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dalam waktu yang bersamaan," ujar Dahlan. Dia pun menilai layanan angkutan mudik oleh ASDP cukup baik pada tahun ini, seperti juga tahun lalu. (dri)


JAKARTA - Aktivitas pelabuhan-pelabuhan yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali berjalan normal. Kesibukan dan kepadatan selama arus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News