JPNN.com

Akui Tol Trans Jawa Kunci Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2019

Rabu, 19 Juni 2019 – 12:34 WIB Akui Tol Trans Jawa Kunci Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2019 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pihak mengapresiasi pemerintah atas lancarnya arus mudik lebaran 2019, baik melalui Tol Trans-Jawa, Tol Trans-Sumatera, maupun jalur arteri. Pengakuan dan pujian itu tidak hanya muncul dalam pemberitaan media massa, tapi juga ramai dibincangkan di media sosial.

Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) melalui akun media sosialnya misalnya menyebut, ia mudik dari Cibubur menuju Semarang hanya perlu waktu 6 jam. Itu pun sudah dengan rehat dua kali. Tahun sebelumnya, bisa belasan jam.

Sementara, Pakar Tata Kota Yayat Supriyatna berpendapat bahwa penyebab lancarnya arus mudik tahun ini terutama karena peran tol Trans Jawa yang amat menentukan. Kemudian, kebijakan merelokasi gerbang tol Cikarang Utama, juga mampu mengurai penumpukan antrean kendaraan yang sebelumnya terpusat di lokasi itu, baik yang menuju Cipali maupun yang ke Purbaleunyi.

’’Kata kuncinya sinergi pemangku kepentingan dalam membuat sistem untuk kelancaran pergerakan sejuta lebih kendaraan,’’ ujar Yayat di Jakarta, Rabu (19/6).

Yayat pun memberikan apresiasi, karena menurutnya, mengatur kelancaran satu juta lebih kendaraan antarkota dalam satu periode waktu yang sama, bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, sinergi antara BPJT, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BUJT, Korlantas Polri, dan peran penting Waskita Toal Road, tahun ini sangat baik sehingga masyarakat merasa sangat terbantu.

BACA JUGA: Ikut SBMPTN 2019 Pusingnya tak Hanya Sekali, Banyaaak, Hahaha

President Director PT Waskita Karya (Persero) TBK, I Gusti Ngurah Putra membenarkan bahwa kelancaran arus mudik tahun ini antara lain karena optimalisasi ruas-ruas tol Trans Jawa yang dikelola perseroan. Di antaranya, ruas tol Pejagan – Pemalang Seksi 3 dan 4, ruas Tol Batang – Semarang, ruas Tol Salatiga – Kartasura, serta ruas Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi.

’’Kami terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mulai dari proses pembangunan infrastruktur jalan tol, hingga berbagai ruas yang sudah kami operasikan. Itu komitmen yang terus kami jaga dan tingkatkan setiap tahun,’’ ujar I Gusti Ngurah Putra.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...