Akun Ganjar di YouTube Diretas, Pakar Keamanan Siber Merespons Begini

Akun Ganjar di YouTube Diretas, Pakar Keamanan Siber Merespons Begini
Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Dr. Pratama Persadha. ANTARA/HO-CISSReC

jpnn.com, JAKARTA - Pakar keamanan siber Pratama Persadha merespons kasus peretasan akun milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di YouTube.

Menurutnya, insiden itu harus menjadi pengingat bagi para pengguna media sosial agar memperkuat keamanan akunnya, supaya tidak mudah dibobol peretas alias hacker. 

Pratama memberikan tips bagi para pengguna media sosial. 

Menurutnya, langkah pertama mengamankan akun adalah menjaga kata sandi email yang digunakan saat mendaftar.

“Sebagai langkah preventif, prinsipnya wajib untuk mengamankan akun Gmail sebagai akun utama YouTube, karena pelaku hacking  channel YouTube akan menyasar potensi paling lemah dari akun tersebut,” kata Pratama di Jakarta, Selasa (26/4).  

Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC itu mengatakan dalam banyak kasus, termasuk yang terjadi pada peretasan akun Ganjar di YouTube, peretas kerap mengincar kelemahan email admin atau pengelola.

“Biasanya pelaku harus tahu email apa saja yang mengelola akun tersebut. Kurang lebih sama seperti peretasan pada fan page FB (Facebook), yang disasar pelaku adalah akun pengelola atau admin,” ungkapnya. 

Menurut dia, apabila akun pengelola sudah diretas dan dikuasai, maka pembobol bisa mengubah informasi bahkan menghapus akun tersebut. 

Ganjar Pranowo mengalami insiden peretasan akun miliknya di YouTube. Pakar keamanan siber Pratama Persadha memberikan respons.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News