Alamak... Daftar Kuliah S1 Begitu Lulus Terima Ijazah D3

Alamak... Daftar Kuliah S1 Begitu Lulus Terima Ijazah D3
Alamak... Daftar Kuliah S1 Begitu Lulus Terima Ijazah D3

jpnn.com - BATAM KOTA - Puluhan mahasiswa STIE dan STMIK Gici Business School mendatangi kantor DPRD Kota Batam, Senin (18/5) pagi. Kedatangan para penerus bangsa ini untuk mempertanyakan perihal nasib mereka di kampusnya. Soalnya, mereka merasa telah dipermainkan bahkan ditipu oleh manajemen kampus tempat mereka belajar. Ijazah yang mereka terima tidak sesuai setelah mereka lulus kuliah.

Para mahasiswa ini mengaku saat mendaftar masuk sarjana (S1), anehnya setelah lulus, ijazah yang diterima justru ijazah Diploma III. 

"Mata kuliah yang kami lewati sudah setara Sarjana. Lama belajar juga sudah setara sarjana. Tetapi kenapa hanya ijazah Diploma III yang kami peroleh. Ini penipuan," katanya.

Rosie Marpaung, koordinator mahasiswa mengatakan bahwa ada sedikitnya 1000 mahasiswa yang dirugikan. Di mana semua mahasiswa yang lulus sudah mengikuti pelajaran yakni 146 SKS.

Padahal biaya yang dikeluarkan mahasiswa termasuk mahal. Ia berharap DPRD Kota Batam untuk bisa memfasilitasi masalah tersebut. Meski masalah tersebut adalah di Dikti, bukan di dinas pendidikan Pemko Batam.

"Kami sudah habis banyak. Kami ditipu mentah-mentah. Padahal di brosur pertama masuk, katanya S1. Kalau DIII mungkin tidak ada yang mau," katanya.

Mereka menuntut kampus untuk mengeluarkan ijazah S1 sesuai dengan jurusun yang diambil saat mendaftar. Jika memang ini tidak bisa, maka mereka meminta agar dikonversikan ke perguruan tinggi swasta yang sah dan terdaftar di Dikti dan terakreditasi B.

"Kalau memang dikonversi, kami tidak kuliah lagi dan tidak bayar sepeser pun. Kami sudah menghabiskan banyak waktu dan biaya di Gici," katanya.

BATAM KOTA - Puluhan mahasiswa STIE dan STMIK Gici Business School mendatangi kantor DPRD Kota Batam, Senin (18/5) pagi. Kedatangan para penerus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News