Alasan Kenapa Bisnis Harus 'Go Digital', Penting Banget!

Alasan Kenapa Bisnis Harus 'Go Digital', Penting Banget!
Ilustrasi - layanan transaksi digital. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Business Owner dan Certified Business Coach Eko Sugiono membeberkan alasan pentingnya sebuah bisnis untuk go digital.

Sebab, dunia digital membuka peluang besar bagi siapapun untuk membangun usaha tanpa perlu modal besar seperti halnya bisnis konvensional.

Namun, dibutuhkan pemahaman dan kecakapan digital agar usaha bisa berkembang secara optimal.

Hal itu disampaikan Eko dalam webinar bertema “Tingkatkan Penjualan Produk Melalui E-Commerce”, Rabu (10/8), di Makassar, Sulawesi Selatan, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

"Jika dulu membuka bisnis kerap terkendala modal karena harus menyewa toko atau kantor dan mengeluarkan biaya besar untuk berpromosi, di era digital ini orang bahkan bisa memulai bisnis tanpa memerlukan investasi awal. Selain itu, sebagian besar tools pemasaran digital juga menawarkan fitur dasar gratis," ungkap Eko.

Menurut Eko, pengusaha tak perlu cemas soal modal di era teknologi. Jika dulu identiknya memulai usaha itu butuh modal besar dengan sewa puluhan juta per tahun.

"Tetapi ketika memulai dengan online, tanpa biaya kita bisa menggunakan lokapasar yang ada atau memanfaatkan media sosial. Kalau tidak punya produk sendiri, kita bisa menjadi reseller. Risikonya juga tidak sebesar bisnis konvensional,” ujarnya.

Selain itu, beberapa manfaat lainnya dari go digital antara lain memperluas jangkauan produk, membantu menemukan audiens ideal, hasil yang terukur, serta peningkatan return on investment atau ROI.

Business Owner dan Certified Business Coach Eko Sugiono membeberkan alasan pentingnya sebuah bisnis untuk go digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News