Alasan MIPI Gelar Webinar Memahami Ilmu Pemerintahan, Simak Penjelasan Bahtiar

Alasan MIPI Gelar Webinar Memahami Ilmu Pemerintahan, Simak Penjelasan Bahtiar
Ketua Umum MIPI Bahtiar saat membuka webinar menggelar webinar bertema "Memahami Ilmu Pemerintahan (Sesi 5)", Sabtu (11/2). Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar webinar bertema "Memahami Ilmu Pemerintahan (Sesi 5)", Sabtu (11/2).

Webinar yang dimoderatori oleh Audrey Chandra ini menghadirkan narasumber tunggal, yaitu Guru Besar Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran (Unpad) yang juga Pakar Otonomi Daerah dan Pemerintahan Lokal, Prof Utang Suwaryo.

Ketua Umum MIPI Bahtiar saat membuka webinar mengatakan, pemahaman dasar tentang ilmu pemerintahan perlu dibagikan kepada publik.

Ilmu pemerintahan ditinjau dari berbagai perspektif hari ini berkembang secara pesat dan menghadapi berbagai tantangan baru.

Perkembangan itu seperti teknologi pemerintahan, bagaimana wujud, ciri, dan sifatnya menjadi hal yang perlu dikaji.

“Belum banyak pihak yang mampu menjelaskan secara komprehensif tentang ilmu pemerintahan, baik sebagai ilmu yang mandiri maupun multi-disiplin, atau inter-disiplin dengan ilmu-ilmu lainnya begitu,” kata Bahtiar.

Prof Utang Suwaryo memaparkan, pemerintahan dan ilmu pemerintahan ada meski masih banyak dipertanyakan secara internal maupun eksternal.

Di Indonesia ada kurang lebih 140 program studi (prodi) ilmu pemerintahan yang tersebar di berbagai universitas. Namun, yang konsen dalam pemerintahan sebagai ilmu masih minim.

Membuka webinar, Ketua Umum MIPI Bahtiar mengatakan, pemahaman dasar tentang ilmu pemerintahan perlu dibagikan kepada publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News