Alat Berat dan Operator Terseret Longsor dari Ketinggian Ratusan Meter ke Dasar Sungai, Ngeri

Alat Berat dan Operator Terseret Longsor dari Ketinggian Ratusan Meter ke Dasar Sungai, Ngeri
Sejumlah tim SAR Gabungan berupaya menemukan operator escavator di lokasi PLTA Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan yang terseret dari tebing dengan ketinggian sekitar 200 meter, Sabtu (5/12) Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, TAPANULI SELATAN - Satu unit alat berat (ekskavator) bersama operatornya Afwan Ritonga, 38, warga Sipirok, terseret longsor dari ketinggian tebing sekitar 200 meter ke dasar Sungai Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut.

"Lokasi kejadiannya di titik R26 wilayah kerja PLTA Batang Toru antara Lingkungan I, Kecamatan Batang Toru dan Aek Batang Paya, Kecamatan Sipirok," kata Camat Sipirok Sardin Hasibuan dihubungi ANTARA, Sabtu (5/12).

Menurut informasi kecelakaan kerja itu terjadi sekira pukul 15.32 WIB, Jumat (4/12). Sore itu hujan deras. Escavator yang dibawa korban tengah membersihkan parit di titik R26 akibat longsor.

Saat membersihkan tanah campur batu material longsor dan hendak kembali ke camp di tengah hujan deras, tiba-tiba terjadi longsor susulan yang lebih besar kembali. Mengakibatkan alat berat yang dibawa korban terdorong (terseret) ke dasar sungai.

Mengetahui kejadian itu, pukul 16:30 WIB tim dari kontraktor langsung melakukan pencarian di lokasi jatuhnya korban. Tali tambang serta UAV Drone digunakan. Pemberitahuan juga disampaikan ke pihak terkait termasuk pemerintahan setempat.

Sesuai arahan BPBD, pencarian dihentikan karena kondisi medan cukup berat (tidak ada penerangan dan arus sungai deras). Upaya pencarian korban dan evakuasi berlanjut hari ini.

Menurut informasi,kecelakaan kerja serupa baru kali ini terjadi selama proses pembangunan proyek PLTA Batang Toru.

Informasi dari perusahaan energi listrik baru terbarukan berkapasitas sekitar 510 MegaWatt ini menyatakan akan bertanggung jawab penuh atas kejadian tersebut sesuai peraturan perusahaan yang berlaku.

Satu unit alat berat (ekskavator) bersama operatornya Afwan Ritonga, 38, warga Sipirok, terseret longsor dari ketinggian tebing sekitar 200 meter ke dasar Sungai Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News