Alergi Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur?

Alergi Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur?
Ilustrasi alergi

jpnn.com - Kambuhnya alergi memang bisa menghambat aktivitas. Belum lagi, penderitanya juga harus berhati-hati dengan segala benda dan makanan yang hendak dikonsumsi.

Selain bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan, disebutkan juga bahwa kondisi ini bisa memengaruhi kualitas tidur penderitanya.

Alergi umumnya ditandai dengan adanya reaksi sistem imun yang berlebihan saat terkena paparan zat tertentu dari luar tubuh, meski bukan zat yang berbahaya. Hal ini bisa menurun dari orang tua kepada anak atau cucunya.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi BMedsc Hons dari KlikDokter, seseorang yang punya riwayat keluarga mengalami alergi memang akan cenderung lebih rentan mengalami alergi juga.

Kondisi tesebut bisa menimbulkan berbagai macam gangguan tubuh.

“Gangguan yang akan muncul adalah biduran dan eksema pada kulit, lalu mata berair dan terasa gatal, gangguan pada hidung berupa hidung berair, serta gangguan pada saluran pencernaan seperti diare,” ujar dr. Jesslyn.

Tak ayal, alergi ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur hingga mengganggu jam istirahat Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui lebih dalam seputar kaitan antara alergi dan waktu tidur untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Alergi dan kualitas tidur

Alergi diketahui memberikan dampak buruk pada kesehatan. Namun, apakah kondisi ini juga berpengaruh pada kualitas tidur?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News