Alhamdulillah, Vaksin Perdana Penyakit Mulut dan Kuku Tiba di Indonesia

Alhamdulillah, Vaksin Perdana Penyakit Mulut dan Kuku Tiba di Indonesia
Kementan umumkan vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK) tiba di tanah air, Minggu (12/6) sore. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK) tiba di tanah air, Minggu (12/6) sore.

Vaksin untuk menangulangi wabah PMK itu dikirim langsung dari Prancis melalui bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

"Ini sangat menggembirakan karena upaya yang kita siapkan berjalan sesuai jadwal. Sesuai janji Kami vaksin akan tiba di minggu kedua Juni 2022," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri di Jakarta, Senin (13/6).

Kuntoro menambahkan vaksin tahap pertama vaksin yang masuk ke Indonesia sejumlah 10 ribu dosis. Hal itu lantaran keterbatasan cargo di pesawat.

Menurut dia, secara keseluruhan vaksin akan tiba kembali dalam 3 hari ke depan, dengan total 800 ribu dosis.

Nantinya, vaksin akan didistribusikan sesuai kebutuhan daerah dengan memperhatikan peta sebaran penyakit yang terjadi saat ini.

Adapun skema penggunaan vaksin itu, nantinya disuntikkan pada hewan sehat yang belum terkena PMK, tetapi berada di wilayah zona merah atau tertular.

"Jadi, secara bertahap akan disuntikkan pada hewan ternak di sumber pembibitan ternak, sapi perah milik Rakyat dan koperasi Susu, serta ternak sapi potong di daerah berisiko tinggi," tuturnya.

Kementan umumkan vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK) tiba di tanah air, Minggu (12/6) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News