Alue Dohong Tokoh Dayak Pertama Masuk Kabinet

Alue Dohong Tokoh Dayak Pertama Masuk Kabinet
Alue Dohong, tokoh Dayak menjadi wakil menteri LHK. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Alue Dohong merupakan tokoh Dayak pertama yang masuk kabinet, ditunjuk Presiden Jokowi sebagai wakil menteri di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Alue Dohong sbelumnya pejabat di Badan Restorasi Gambut (BRG). Dia dilanti Jokowi sebagai wakil menteri LHK di Istana Merdeka, Jumat (25/10).

"Berdasarkan arahan Bapak Presiden kemungkinan Wamen LHK," kata Alue usai bertemu Presiden Jokowi, sebelum resmi dilantik.

Saat bertemu Jokowi, kata Alue, mereka banyak berdiskusi mengenai masalah kehutanan dan rehabilitasi lahan. Termasuk tentang rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Dan saya juga diminta beliau, blak-blakan saja mengucapkan terima kasih karena saya kebetulan suku Dayak. Jadi saya yakin kalau takdir saya jadi wakil menteri, ini merupakan kebahaiaan bagi suku Dayak," kata Alue.

Menurutnya, masyarakat suku Dayak tersebar di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Mereka akan bangga atas kepercayaan dari presiden untuk putra Dayak ini.

"Saya kira dalam sejarah Indonesia merdeka, baru sekali ini mungkin orang Dayak yang ditawari posisi dalam kabinet," tandas Alue. (fat/jpnn)

 

Alue Dohong merupakan tokoh suku Dayak pertama yang bergabung dalam kabinet, ditunjuk sebagai wakil menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kabinet Indonesia Maju.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News