Minggu, 17 Desember 2017 – 05:24 WIB

Alumni ITB Temui Anies agar Konsisten Hentikan Reklamasi

Selasa, 05 Desember 2017 – 19:59 WIB
Alumni ITB Temui Anies agar Konsisten Hentikan Reklamasi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa (5/12). Dalam pertemuan itu, Ikatan Alumni ITB mendesak Anies konsisten menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

"Sore hari ini saya menerima kedatangan Ikatan Alumni ITB di Jakarta yang menyampaikan aspirasi, hasil kajian mereka terhadap reklamasi. Dan mereka menyampaikan gagasannya secara lengkap kemudian tadi dipresentasikan juga terutama terkait penataan kawasan pantai di Jakarta," kata Anies usai pertemuan.

Selain perwakilan dari alumni ITB, ada pula afiliasi 13 universitas yang diketuai Akhmad Syarbini selaku Ketua Presidium Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi. Para akademisi itu, kata Anies, akan mengkaji reklamasi Teluk Jakarta berdasarkan lima aspek.

"Insyaallah kami akan adakan workshop minggu depan, diselenggarakan oleh Bappeda membahas masukan dari mereka. Ada lima aspek utama yang dibahas," kata Anies. 

Sedangkan Syarbini menambahkan, 13 perguruan tinggi negeri serta swasta akan mengkaji tentang perlunya reklamasi Teluk Jakarta dihentikan. Menurutnya, DKI banyak merugi bila reklamasi terus dilanjutkan.

"Kami akan adakan workshop minggu depan dengan melibatkan aspek dari teknik dan lingkungan, aspek hukum, aspek sosial ekonomi budaya, geopolitik dan hankamnas," kata Syarbini. 

Sementara perwakilan dari Ikatan Alumni ITB Muslim Armas memastikan pihaknya dari awal sudah mengambil sikap untuk menolak reklamasi Teluk Jakarta. Dia juga kerap mendesak Pemprov DKI membatalkan proyek reklamasi terhadap 14 pulau yang kini tengah dikerjakan pengembang. 

"Pulau C dan D itu harus ada kajian mendalam terutama menyangkut mitigasi apakah memang itu bisa dipakai untuk publik. Jangan sampai kita menimbulkan bencana di masa depan," kata Muslim.

SHARES
loading...
loading...
Komentar