Alumni Pesantren Ploso Berkomitmen Jaga Aswaja dan NKRI

Alumni Pesantren Ploso Berkomitmen Jaga Aswaja dan NKRI
Suasana rapat persiapan Munas IMAP di Pondok Pesantren Denanuar Jombang, Jawa Timur. Foto: Istimewa

jpnn.com, KEDIRI - Alumni Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Timur berkomitmen menjaga nilai-nilai Islam aswaja (ahlussunah wal jamaah), serta kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penegasan tersebut tercermin dalam tema Musyawarah Nasional ke-2 alumni Pondok Pesantren Ploso atau Ittihadul Mutaharrijin AlFalah Ploso (IMAP) yang akan dihelat di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang, 3-4 Maret 2018. Tema Munas kali ini adalah 'Peran Pesantren dalam Memperkokoh Aswaja dan Nasionalisme.'

Ketua panitia pengarah Munas Muh Maksum mengatakan, para alumnus Pesantren Al-Falah berkeyakinan salah satu upaya menuju masyarakat Indonesia yang terus maju adalah dengan mempertahankan ajaran Aswaja dan memperkuat nasionalisme guna menjaga NKRI.

“Pesantren mempunyai peran signifikan dalam menjaga dua hal tersebut,” ujarnya, Kamis (1/3).

Islam ala Aswaja di Indonesia, lanjutnya, terbukti telah menunjukkan Islam yang ramah dan toleran sejalan dengan karakteristik bangsa Indonesia yang majemuk. Islam dan nasionalisme berjalan beriringan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Dia juga menjelaskan, menurut sejumlah kesimpulan pengamat, salah satu yang membedakan muslim di Indonesia dengan di sejumlan negara muslim lainnya adalah, muslim Indonesia memiliki semangat nasionalisme kuat. Sehingga persatuan bangsa terjaga.

Sementara muslim di beberapa negara lain kurang memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Hal inilah yang menjadi sebab perpecahan di beberapa negara muslim di Timur Tengah.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif (Denanyar) Jombang, KH. Abdussalam Shohib (Gus Salam) selaku tuan rumah Munas mengatakan, penentuan pesantrennya sebagai tempat Munas, karena Denanyar merupakan pesantren salah satu alumni Ploso.

Alumni Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Timur berkomitmen menjaga nilai-nilai Islam aswaja (ahlussunah wal jamaah), serta kelangsungan NKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News