Alutsista TNI Semarakkan Parade Garut Intan Carnival 2017

Alutsista TNI Semarakkan Parade Garut Intan Carnival 2017
Garut Intan Carnival 2016. Foto: YouTube

jpnn.com, GARUT - Rangkaian parade Garut Intan Carnival 2017 berbeda dibanding even serupa tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan itu makin semarak dengan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Kodim 0611 Garut. 

Wakil Bupati Garut Helmi Budimana mengapresiasi langkah sigap TNI yang selalu siap membantu pelaksanaan event GIC ini. Dia menyebut even itu merupakan momentum bagus untuk pengembangan pariwisata Garut.

Sekitar 10 ribu pengunjung memadati Jalan Ahmad Yani, Minggu (1/10). Kendati mendung, masyarakat sangat antusias menyaksikan parade yang sudah digelar sejak 2015 itu.

Menurut Helmi, GIC ini event penting dan strategis dalam pengembangan seni budaya Garut.  Lebih dari itu, momentum ini sekaligus mempromosikan potensi pariwisata favorit dari Kabupaten Garut, dengan memanfaatkan pesona budaya dalam atraksi seni dan budaya.

GIC juga menonjolkan akar seni budaya daerah. "Agar masyarakat Garut cinta akan seni dan budaya daerah," kata Helmi di lokasi acara.

Kabid Wisata Budaya Kemenpar Wawan Gunawan berharap agar kualitas event itu makin meningkat tahun depan agar bisa semakin mendunia. Caranya adalah dengan berdiskusi dengan para ahli untuk memunculkan ide dan gagasan untuk kegiatan berkualitas.

“GIC harus memiliki identitas sendiri, seperti kalau dilaksanakan di Garut harus menunjukan identitas Garut itu sendiri. Kegiatan GIC ini dilaksanakan di Garut, harus sesuai agar menghasilkan karya seni dan mempunyai identitas, seni dengan ciri sendiri sesuai budaya  Garut," ucap Wawan.

GIC tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun lalu. Pesera menampilkan pakaian dari limbah.

Garut Intan Carnival kini menjadi event penting dan strategis dalam pengembangan seni budaya Garut. Event itu juga menjadi mementum untuk mempromosikan Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News