Tebar 1.000 Lampion Air di Telaga Bleder demi Genjot Wisata

Tebar 1.000 Lampion Air di Telaga Bleder demi Genjot Wisata
Wisatawan sedang mendayung perahu di Telaga Bleder di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, MAGELANG - Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bukan hanya Candi Borobudur. Bukan pula hanya berlokasi di wilayah Kabupaten Magelang bagian selatan.

Di bagian utara Magelang pun ada potensi wisata yang luar biasa. Guna menegaskan destinasi wisata di Magelang bagian utara itulah dinas pariwisata, pemuda dan olahraga (Disparpora) setempat menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ngasinan untuk menggelar Festival Telaga Bleder.

Festival itu akan digelar selama dua hari pada 14-15 Oktober 2017. Lokasi Telaga Bleder ada di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

"Kami ingin mengenalkan ragam wisata sisi utara Kabupaten Magelang. Di antaranya Telaga Bleder, Gunung Andong, Air Terjun Seloprojo, Air Terjun Sekarlangit, dan Candi Umbul. Target jangka pendeknya ingin meningkatkan tingkat kunjungan di Telaga Bleder dan destinasi di sekitarnya," jelas Bagyo Harsono, panitia Festival Telaga Bleder, Senin (2/10).

Festival itu juga akan diisi dengan lomba dayung pada hari Minggu (15/10). Lomba akan diawali dengan pentas kesenian.

Menurut Bagyo, pentas seni akan terus mengiri lomba dayung sejak babak penyisihan, perdelapan final hingga final.  Menurutnya, ada 8 tim yang akan ikut lomba kesenian.

Namun, pesertanya dibatasi karena waktu lomba kesenian hanya sehari, yakni Sabtu (14/10). "Delapan tim kami prioritaskan dari Kecamatan Ngablak dan Grabag yang berada di sekitar Telaga Bleder. Itu pun yang  2-3 tahun kemarin sudah pernah juara, tidak boleh ikut," ujar Bagyo.

Sedangkan untuk ekspose Desa Wisata akan ada 15-20 stan. Pihak Paguyuban Desa Wisata dan Dinas Pariwisata Magelang yang menentukan pesertanya. 

Akan ada Festival Telaga Bleder di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang pada 14-15 Oktober mendatang. Berbagai atraksi menarik akan ditampilkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News