AM versus AU, Berburu Restu Cikeas

AM versus AU, Berburu Restu Cikeas
AM versus AU, Berburu Restu Cikeas
PERANG  antar kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) sudah dimulai. Setelah Andi Mallarangeng (AM) terlebih dahulu mendeklarasikan diri, tadi malam, Kamis (15/4) giliran Anas Urbaningrum (AU) menyusul. Deklarasi dua kandidat memang menghadirkan suasana yang berbeda, dan tidak lepas dari latar belakang masing-masing. Dalam deklarasi AM lebih banyak dihadiri para menteri, karena ia seorang menteri.Sedangkan AU yang anggota DPR, lebih banyak dihadiri oleh kader-kader PD yang kini duduk di Senayan.

Semalam deklarasi AU juga tidak kalah meriah dibandingkan AM. Bertempat di sebuah hotel, AU berhasil mengusung 391 pimpinan DPD dan DPC yang diklaim sebagai pendukungnya.Kehadiran sejumlah tokoh partai PD, seperti Sekjen Amir Syamsudin, Subur Budi Santosa dan Irsan Tanjung cukup mencerminkan siapa pendukung AU nantinya. Sedangkan kehadiran 50 orang anggota fraksi PD di DPR dan ratusan undangan penggembira cukup memeriahkan suasana deklarasi tersebut.Kemeriahan itu, sekaligus juga mencerminkan keseriusan AU untuk bersaing melawan AM dalam memperebutkan posisi Ketua Umum pada Kongres di Bandung, yang akan digelar minggu ke tiga Mei mendatang.

Banyak orang mengatakan, AM dan AU adalah figur putra terbaik dari Demokrat saat ini dengan kelebihan dan kekurangannya, dan keduanya saling melengkapi. Bahkan tidak sedikit yang sepakat, jika keduanya sebaiknya berpasangan. AM adalah politisi muda yang dikenal dekat kekuasaan.Ia masih muda, dan enerjik. Demikian pula dengan AU. Selain muda, AU juga dikenal sebagai politisi yang sudah cukup teruji. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) ini dikenal santun dalam berpolitik, tidak meledak-ledak, dan sudah memiliki jaringan yang sangat luas.

:TERKAIT Kubu AU mengaku optimis akan memenangi pertarungannya melawan AM. Sebaliknya, kubu AM juga sering mengungkap klaim serupa. AU tentu akan memberdayakan sisa-sisa kebesarannya di HMI. Apalagi, sebagian besar pengurus DPD dan DPC di Partai Demokrat adalah mantan aktivis HMI. Karena itulah, AU disebut-sebut lebih mengakar di akar rumput. Lain lagi dengan AM, yang lebih banyak berkiprah di dunia pendidikan. Meski politik praktis bukan belantara baru bagi AM, karena sebelumnya ia juga dikenal sebagai pengamat yang handal. Tetapi, apakah seorang pengamat bisa mengalahkan seorang pemain sekelas AU?

PERANG  antar kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) sudah dimulai. Setelah Andi Mallarangeng (AM) terlebih dahulu mendeklarasikan diri,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News