Amankah Berolahraga Pakai Masker? Begini Penjelasan Dokter Carmen

Amankah Berolahraga Pakai Masker? Begini Penjelasan Dokter Carmen
Ilustrasi - Warga berolahraga memakai masker di Kompleks SUGBK, Jakarta. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Olahraga, diet rendah lemak tinggi protein, cukup tidur serta mengelola stres menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

Menurut Dr dr Carmen Yahya Sportmed, olahraga yang sehat harus sesuai dengan kondisi fisik dan target manfaatnya.

Artinya, setiap individu harus mengetahui kondisi dan kemampuan dirinya serta bijak menentukan jenis olahraga yang akan dilakukan.

"Untuk pemula yang ingin memulai rutinitas olahraga tentunya dimulai dengan mengetahui kondisi fisiknya lalu menentukan target manfaat berolahraga plus konsultasi dengan ahli," kata Dokter Carmen dalam diskusi kesehatan secara daring baru-baru ini.

Mengapa harus konsultasi dengan ahli?

Menurut dokter yang menjadi Chief Medical Officer kontingen Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020, cedera dalam berolahraga sering menjadi bagian gerak tubuh yang perlu dipahami dan ditangani tepat oleh para ahli.

Dokter Carmen yang menjadi punggawa terdepan di Sport Medical Center, MRCCC Siloam Semanggi ini menjelaskan olahraga terbaik adalah yang mendatangkan kebaikan dan kesehatan.

Sementara bagi yang sedang sakit atau tidak fit sebaiknya menunggu kondisi tubuh kembali membaik. Jika sangat ingin berolahraga, solusinya dengan gerak badan yang ringan dan terukur. 

Dokter Carmen mengatakan berolahraga di masa pandemi memang sebaiknya menggunakan masker tetapi....