Kamis, 20 Juni 2019 – 10:06 WIB

Amankah Susu Diminum Saat Buka Puasa?

Jumat, 17 Mei 2019 – 23:23 WIB
Amankah Susu Diminum Saat Buka Puasa? - JPNN.COM

jpnn.com - Biasanya, sesaat jam buka puasa banyak orang yang sudah menyiapkan segelas teh manis atau minuman manis lainnya untuk diminum saat azan magrib berkumandang. Tahukah Anda, susu ternyata juga bisa menjadi alterbatif berbuka puasa yang baik.

Selain mengandung gula alami, susu juga memiliki nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh.

Saat membaca paragraf di atas, mungkin sebagian dari Anda merasa sangsi dengan anjuran minum susu saat buka puasa. Pasalnya, minum susu saat perut kosong bisa bikin perut kembung, mual, dan bukan tak mungkin sebabkan muntah. Ternyata, kunci pentingnya adalah kandungan protein dalam susu yang dikonsumsi. 

Dalam acara Buka Puasa Bersama KIN Fresh Milk yang mengampanyekan #maKINnyamansaatramadan pada hari Kamis (16/5) di bilangan Jakarta Selatan, ahli gizi dr. Rizal Alaydrus, MSc., mengatakan bahwa susu sapi bisa menjadi salah satu pilihan untuk berbuka, karena memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam mengkapi kecukupan gizi. Lantas, apakah aman minum susu saat perut kosong?

“Minum susu dalam kondisi perut kosong justru sangat baik karena penyerapan gizi oleh tubuh lebih maksimal. Namun, memang tidak semua orang bisa minum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong, sehingga harus memilih susu yang sesuai,” kata dr. Rizal menjelaskan. Ya, kandungan susu harus diperhatikan, khususnya protein. 

Susu aman diminum saat buka puasa, asal diperhatikan kandungan proteinnya. Meski demikian, hindari hanya mengandalkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa karena pada dasarnya susu adalah penyempurna. Tetap prioritaskan pola makan sehat bergizi seimbang agar kesehatan dan stamina tubuh tetap terjaga selama puasa.(klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar