Selasa, 25 Juni 2019 – 11:19 WIB

Minum Susu Segar, Alternatif Berbuka Puasa yang Sangat Baik

Jumat, 17 Mei 2019 – 04:29 WIB
Minum Susu Segar, Alternatif Berbuka Puasa yang Sangat Baik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Saat berbuka puasa di Bulan Ramadan, tubuh membutuhkan asupan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bernutrisi. Ini untuk menggantikan energi yang hilang seharian.

Kebanyakan masyarakat Indonesia terbiasa berbuka puasa dengan yang manis. Hal ini memang baik karena kandungan karbohidrat mengembalikan energi. Namun lebih baik lagi asupan yang dipilih juga kaya dengan nutrisi lainnya dan nyaman dikonsumsi setelah perut lama kosong.

Ahli Gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc menjelaskan, susu bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang sangat baik, karena selain mengandung gula alami juga bernutrisi lengkap.

Nutrisi makro terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat sementara nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan bermacam-macam mineral, sehingga susu baik untuk membantu menjaga dan mempertahankan kondisi tubuh selama berpuasa.

“Tubuh kita memasuki fase berpuasa terhitung 8 jam setelah makan dan minum terakhir. Jika kita berpuasa kurang lebih 13 - 14 jam perhari, maka ada jeda beberapa jam saat perut dalam kondisi benar-benar kosong," kata dr. Rizal Alaydrus, MSc di Jakarta, Kamis (16/5).

BACA JUGA: Berapa Besaran Zakat Fitrah dengan Uang? Ini Penjelasan Baznas

Setelah seharian berpuasa, lanjutnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Susu sapi bisa menjadi salah satu pilihan untuk berbuka, karena memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam melengkapi kecukupan gizi.

"Minum susu dalam kondisi perut kosong justru sangat baik karena penyerapan zat gizi oleh tubuh lebih maksimal. Namun memang tidak semua orang bisa minum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong, sehingga harus memilih susu yang sesuai," tuturnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar