Amati Kelainan Bentuk Kaki dan Tungkai sejak Dini

Amati Kelainan Bentuk Kaki dan Tungkai sejak Dini
Foto: Raka Denny/Jawa Pos

jpnn.com - KAKI merupakan fondasi tubuh. Bentuk kaki yang tidak ”semestinya” akan berpengaruh terhadap struktur kaki dan tungkai. Misalnya, bentuk kaki O atau X. Gangguan itu sering dianggap sepele dan diabaikan.

 

Yang dimaksud dengan kaki adalah bagian setelah pergelangan kaki. Kemudian, tumit hingga lutut merupakan tungkai bawah, berlanjut ke paha disebut tungkai atas.

”Bila di bagian bawahnya ada gangguan, itu dapat berpengaruh terhadap struktur kaki karena titik berat tubuh jatuh pada tempat yang kurang tepat,” ujar dr Meidy H. Triangto SpKFR saat ditemui di klinik Kid’s Foot Rehabilitation Center RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta.

Jenis kelainannya beberapa macam. Di antaranya, telapak kaki datar (flat feet) dan lengkung kaki terlalu tinggi (high arch). Kelainan di bawah mengakibatkan lutut berotasi ke luar atau ke dalam. Akhirnya, timbul kelainan gaya jalan.

Ada yang toe in (kaki mengarah ke dalam) atau toe out (mengarah ke luar). Selanjutnya, ada kelainan bentuk tungkai genu valgum (menyerupai huruf X) dan genu varum (menyerupai huruf O).

”Sebenarnya, itu merupakan variasi sudut lutut yang normal pada fase pertumbuhan,” ujar Meidy. Bentuk kaki anak hingga usia dua tahun akan membentuk sudut ke dalam (O).

Kemudian, bentuknya berubah ke luar menjadi seperti X hingga usia empat tahun. Selanjutnya, sudut turun hingga berangsur 0 (nol) yang merupakan kondisi normal pada usia sebelum enam tahun.

KAKI merupakan fondasi tubuh. Bentuk kaki yang tidak ”semestinya” akan berpengaruh terhadap struktur kaki dan tungkai. Misalnya, bentuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News