Ambarawa Punya Patung dr Tjipto Mangoenkoesoemo

Ambarawa Punya Patung dr Tjipto Mangoenkoesoemo
Patung dr Tjipto Mangoenkoesoemo di Jalan Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang yang diresmikan Mendagri Tjahjo Kumolo, Sabtu (3/3). Foto: Ken Girsang/JPNN.Com

jpnn.com, AMBARAWA - Kecamatan Ambarawa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah punya ikon baru. Ada taman dengan patung dr. Tjipto Mangoenkoesoemo yang kini memperindah kecamatan berjuluk Kota Palagan itu.

Taman dan patung yang berlokasi pertigaan Jalan Jenderal Sudirman, Ambarawa itu memang didedikasikan untuk dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meresmikan taman dan patung dr Tjipto itu Sabtu (3/3) malam.

"Ini merupakan momen yang sangat penting karena dapat mengungkapkan rasa terima kasih sebagai penghargaan atas jasa dr. Tjipto Mangoenkoesoemo yang telah berjasa bagi kemerdekaan bangsa Indonesia," ujar Tjahjo.

Mantan sekretaris jenderal PDIP itu menjelaskan, dr. Tjipto merupakan salah seorang dari trio pahlawan yang dikenal dengan panggilan Tiga Serangkai. Bersama Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara, tokoh kelahiran Ambarawa, 4 Maret 1886 itu getol  menyebarluaskan banyak ide tentang kemerdekaan dan sangat kritis terhadap pemerintahan Hindia Belanda.

Melalui pemikiran-pemikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan, dr. Tjipto mampu membangkitkan semangat bangsa Indonesia untuk lepas dari belenggu kolonialisme. "Rangkaian acara malam ini dapat dimaknai sebagai pembangkit rasa nasionalisme, mengingat  dr. Tjipto dengan Tiga Serangkai merupakan pelopor terjadinya kebangkitan nasional," ucapnya.(gir/jpnn)


Tjipto Mangoenkoesoemo merupakan salah seorang dari trio pahlawan yang dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai. Dia getol menyebarluaskan ide tentang kemerdekaan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News