Ambles, Jalur Dua Kabupaten Ini Lumpuh

Ambles, Jalur Dua Kabupaten Ini Lumpuh
Jalan jalur Ponorogo-Pacitan yang ambles menyebabkan kelumpuhan. FOTO: JAAWA POS/JPG

jpnn.com - PACITAN - Jalur dua kabupaten ini, Ponorogo-Pacitan tak lagi bisa dilewati kendaraan roda empat. Pasalnya, tanah di kilometer 228 Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, ambles. Kejadian itu berlangsung pada Kamis malam (15/10). 

Titik ambles berada di tebing Sungai Dondong yang longsor pada Januari lalu. Badan jalan ambles sekitar tiga meter. Selain itu muncul retakan.

Kini lebar jalan yang tersisa dua meter itu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. 

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Pacitan, Dinhubkominfo, Koramil Tegalombo, serta UPT Bina Marga Jatim wilayah Pacitan kini memberlakukan sistem buka tutup untuk kendaraan yang terjebak. 

Sementara itu, kendaraan di atas dua sumbu seperti tronton dan truk gandeng diarahkan putar balik karena berbahaya jika melintas.

Salah seorang warga setempat Sujito mengungkapkan, kejadian Kamis malam itu merupakan longsor ketiga sejak awal tahun ini. Dia juga sangat menyayangkan penanganan jalan longsor yang terkesan lamban sehingga makin meluas dan parah seperti sekarang. ''Sekarang lebih parah karena hampir seluruh badan jalan ambles dan mengancam rumah warga,'' katanya.

Kasatlantas Polres Pacitan AKP Jumianto Nugroho menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas diberlakukan karena kondisi jalan kian membahayakan. Apalagi, tanah di lokasi kejadian terus bergerak. ''Jalur yang ambles langsung kami tutup untuk semua jenis kendaraan,'' tegasnya kemarin (16/10). (her/yup/c15/any)


PACITAN - Jalur dua kabupaten ini, Ponorogo-Pacitan tak lagi bisa dilewati kendaraan roda empat. Pasalnya, tanah di kilometer 228 Dusun Dondong,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News