Amerika Serikat Memberikan Izin Vaksin Pfizer untuk Anak Usia 12 sampai 15 Tahun

Amerika Serikat Memberikan Izin Vaksin Pfizer untuk Anak Usia 12 sampai 15 Tahun
Rencana vaksinasi remaja dinilai penting mengingat rencana kembali ke sekolah di AS. (ABC News: Freya Michie)

Badan otoritas di Amerika Serikat telah mengizinkan pemakaian vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech bagi anak-anak berusia mulai 12 tahun. Presiden AS Joe Biden meminta agar vaksin tersebut segera diedarkan.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS mengatakan pihaknya sedang mengurus izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Pfizer yang diharapkan dapat memvaksinasi jutaan anak berusia 12 sampai 15 tahun.

Pfizer akan menjadi vaksin pertama di AS yang diperuntukkan bagi kelompok usia tersebut, dan dianggap sebagai langkah penting bila ingin kembali membuka sekolah seperti sedia kala.

Presiden AS Joe Biden telah meminta agar vaksin ini dapat segera diedarkan bagi kelompok remaja sesegera mungkin.

"Harapan saya jika vaksin ini sudah memiliki izin, orangtua dapat memanfaatkannya dan membawa anaknya untuk divaksinasi," ujar Presiden Biden.

"Pemberian izin pemakaian ini akan melindungi populasi muda dari COVID-19, dan membawa kita lebih dekat pada rasa normal serta membantu mengakhiri pandemi," kata wakil komisaris FDA Janet Woodcock.

"Orangtua dan wali perlu percaya bahwa kami mengamati data yang tersedia dengan teliti dan cermat, seperti yang juga kami lakukan ketika mengurus izin pemakaian darurat vaksin COVID-19," kata Dr Jane.

Kebanyakan anak yang terpapar COVID-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak bergejala sama sekali.

Amerika Serikat mengizinkan pemakaian vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak usia 12-15 tahun

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News