Amien Rais 74 Tahun, Mahathir Mohammad 92 Tahun Saja Bisa

Amien Rais 74 Tahun, Mahathir Mohammad 92 Tahun Saja Bisa
Amien Rais (tengah). Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengapresiasi keinginan Amien Rais menjadi calon presiden di Pilpres 2019.

Menurut Fahri, Amien merupakan satu di antara putra terbaik bangsa Indonesia, yang mengawal transisi dari peralihan rezim otoriter kepada demokrasi sekarang dalam reformasi yang berkelanjutan.

"Selama lebih dari 20 tahun ini beliau konsisten menjaga dan dia tahu bahwa kapasitas mesin demokrasi yang kita miliki ini luar biasa, tapi kemudian pemimpinnya tidak memadai," kata Fahri, Senin (11/6).

Nah, Fahri menambahkan, mungkin didasari perasaan bahwa pemimpinnya tidak memadai maka Amien yang kini berusia 74 tahun itu, terinspirasi dengan sosok seperti Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad (92 tahun), yang kembali berkuasa karena ada penyimpangan dalam kepemimpinan, dan mengelola pemerintahan.

"Jadi dari perspektif itu kami bisa mengerti kenapa beliau didorong oleh teman-temannya untuk mencalonkan diri. Saya kira itu sesuatu yang wajar selama menurut undang-undang itu dibolehkan, tidak ada halangan saya kira," ungkap Fahri.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan dulu upaya mengusulkan presidential threshold (PT) nol persen sebenarnya dalam rangka agar banyak calon pemimpin. Namun kemudian dikerucutkan menjadi 20 persen yang kemudian menyebabkan sedikit calon pemimpin.

"Saya kira terobosan Pak Amien ini positif untuk ke depan," tegasnya. (boy/jpnn)


Fahri Hamzah mengerti kenapa Amien Rais didorong teman-temannya untuk mencalonkan diri di Pilpres.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News