Amoroso Katamsi Belajar Gaya Pak Harto Merokok Cerutu

Amoroso Katamsi Belajar Gaya Pak Harto Merokok Cerutu
Aning Katamsi bersama foto ayahnya, alm Laksma (Purn) Amoroso Katamsi. Foto: NASUHA/INDOPOS/JPNN.com

jpnn.com - Amoroso Katamsi meninggal dunia. Suasana duka tampak menyelimuti kediaman di Jalan Kamper No.9 Kompleks Angkatan Laut (AL) Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (17/4).

NASUHA, Jakarta

Karangan bunga terus berdatangan. Keluarga, kerabat, dan sahabat sangat kehilangan Laksamana Pertama (Laksma) TNI (Purn) dr Amoroso Katamsi di usia 79 tahun. Selama ini, almarhum memang dikenal sebagai aktor yang memerankan Mayjen Soeharto dalam film ‘Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI’.

Seperti apa sosok almarhum? Aning Katamsi, puteri ketiga mendiang Amoroso Katamsi mengatakan, sang ayah memiliki karakter yang baik, periang, tegar, dan disiplin. ”Bapak selalu komitmen dengan apa yang sudah menjadi pilihannya, apapun risikonya,” tandasnya kepada INDOPOS (Jawa Pos Group) di rumah duka, Selasa (17/4).

Menurut Aning, almarhum awalnya memilih terjun menjadi aktor teater. Pria kelahiran Jakarta pada 21 Oktober 1938 tersebut bisa membuktikan dengan aktif di teater, tidak akan menganggu belajarnya untuk meraih gelar dokter di Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

”Bapak waktu itu dapat ultimatum dari ibunya (neneknya, Red) karena sering pulang larut malam untuk ikut teater. Bapak bilang kepada ibu, “dengan teater sekolahku beres”,” kenang Aning.

Menurut guru piano dan vokal di sekolah musik YPM Jakarta ini, bakat bermain teater ayahnya muncul sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Hobinya tersebut berlanjut saat mengenyam pendidikan di jenjang SMA pada 1958 hingga perguruan tinggi (PT) pada 1965.

”Waktu SMP bapak menyukai deklamasi, berlanjut main teater di SMA. Saat kuliah di Jogjakarta, bapak sering bertemu dengan Arifin C. Noer, W.S. Rendra, dan mereka kerap berteater di Jogja,” bebernya.

Amoroso Katamsi meninggal dunia, almarhum dikenal sebagai pemeran Mayjen Soeharto dalam Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News