Anak Buah Cak Imin Dorong Jokowi Marahi Menteri Tukang Ribut

Anak Buah Cak Imin Dorong Jokowi Marahi Menteri Tukang Ribut
Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR, Daniel Johan mengaku sepakat bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memanggil dan memarahi para menterinya yang gemar berpolemik di media. Sebab, menteri yang saling serang di publik menunjukkan ketidakkompakan di kabinet.

Pernyataan Daniel itu menyusul polemik antara Menteri ESDM Sudirman Said dengan Menko Maritim Rizal Ramli, terkait pembangunan kilang gas dari Blok Masela. "Memang perlu dimarahi karena menterinya pada bandel, sesama menteri kok saling menyerang," kata Daniel, Kamis (3/3).

Menurutnya, persoalan itu telah menimbulkan masalah tersendiri di kabinet. Sebab, seoalah-olah kinerja para menteri diukur dari eksistensi mereka di media massa maupun media sosial.

"Masalahnya karena kinerja seakan-akan diukur dari eksisnya di media dan sosmed. Kalau bisa trending topic dan kuasai socmed (social media, red) dianggap baik," jelasnya.

Padahal, kata wakil sekretaris jenderal DPP PKB ini, kinerja yang sejati harus diukur dari pencapaian berdasarkan tugas, pokok dan fungsinya dengan mengacu  data dan fakta lapangan. Namun, bila ukurannya medsos maka yang terjadi bukanlah hal nyata.

"Kalau begitu (dijadikan ukuran, red) gawat, mendorong para menteri bukannya kerja keras mengejar target pemerihtahan Presiden Jokowi, tapi jadi kerja keras pencitraan di media dan sosmed," ulasnya.

Sampai-sampai, anak buah Muhaimin Iskandar di PKB itu  mengungkapkan ada menteri yang di ruang kerjanya penuh dengan layar televisi dan tiap hari kerjanya hanya memantau medsos dan media online. Karena itu presiden dituntut tegas pada menterinya.

"Presiden harus tegas karena tanpa kesolidan kabinet dan ukuran kinerja yang hakiki, sulit mewujudkan nawacita yang begitu mulia. Presiden harus menegaskan bahwa ukuran kinerja adalah tupoksi para menteri untuk mencapai sasaran target pemerihtahan ini," pungkasnya.(fat/jpnn)
 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News