Anak Buah Donald Trump Ucapkan Selamat ke Presiden Taiwan, Tiongkok Kebakaran Jenggot

Anak Buah Donald Trump Ucapkan Selamat ke Presiden Taiwan, Tiongkok Kebakaran Jenggot
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang memberikan keterangan pers di Beijing, Selasa (7/1). Foto: ANTARA/HO-MOFA/mii

jpnn.com, BEIJING - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo telah mengucapkan selamat kepada Tsai Ing Wen atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Taiwan 2020. Tindakan anak buah Donald Trump tersebut langsung disambut kecaman oleh pemerintah Tiongkok.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang mengatakan, tindakan tersebut adalah pelanggaran terhadap prinsip "One China" yang diakui secara internasional.

"Tiongkok menyatakan ketidakpuasannya dan penentangan yang kuat terhadap pesan ucapan selamat," ujar Geng dilansir Press TV, Minggu (12/1).

Geng pun mengingatkan masyarakat internasional untuk tidak mengembangkan hubungan resmi apapun dengan Taiwan.

“Diharapkan bahwa negara-negara yang bersangkutan dengan sungguh-sungguh akan mematuhi prinsip 'One China'," lanjutnya.

Tsai dari Partai Progresif Demokratik yang pro kemerdekaan berhasil mengalahkan Han Kuo-yu dari Partai Kuomintang dalam pemilihan presiden Taiwan pada Sabtu (11/1). Namun, media-media Tiongkok menudingnya menggunakan taktik kotor untuk mendapat suara. (ant/dil/jpnn)

Geram, Bendera Tiongkok Hampir Dibakar!

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo telah mengucapkan selamat kepada Tsai Ing Wen atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Taiwan 2020


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News