Taiwan Tolak Mentah-Mentah Tawaran Tiongkok

Taiwan Tolak Mentah-Mentah Tawaran Tiongkok
Bendera Taiwan. Foto: Reuters

jpnn.com, TAIPEI - Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen dengan tegas menolak konsep 'satu negara, dua sistem' yang ditawarkan Tiongkok sebagai solusi konflik kedua negara. Menurut dia, konsep tersebut sudah terbukti tidak berhasil di Hong Kong.

"Rakyat Hong Kong telah memperlihatkan kepada kami bahwa kebijakan satu negara, dua sistem jelas tidak layak," kata Tsai, Rabu (1/1).

Tsai, yang mengincar masa jabatan kedua lewat pemilu 11 Januari mendatang, juga bersumpah mempertahankan kedaulatan Taiwan. Dia mengatakan, pemerintahannya akan membangun mekanisme untuk melindungi kebebasan dan demokrasi saat Beijing meningkatkan tekanan terhadap wilayah itu.

Ketakutan terhadap Tiongkok menjadi unsur penting dalam kampanye pemilu di Taiwan. Demonstrasi tak berkesudahan di Hong Kong makin membuat warga Taiwan ogah kembali bersatu dengan Tiongkok.

"Di bawah kebijakan satu negara, dua sistem, situasi terus memburuk di Hong Kong. Kredibilitas satu negara, dua sistem telah dinodai oleh penyalahgunaan kekuasaan pemarintah," ucap Tsai. (ant/dil/jpnn)

JPNN.com REWIND 2019: 5 Berita Peristiwa Politik Terheboh

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen dengan tegas menolak konsep 'satu negara, dua sistem' yang ditawarkan Tiongkok sebagai solusi konflik antara mereka.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News