Bela Taiwan, Negara Kecil Ini Tolak Proposal Reklamasi Tiongkok

Bela Taiwan, Negara Kecil Ini Tolak Proposal Reklamasi Tiongkok
Tuvalu, negara mini di tengah Samudera Pasifik yang berani melawan Tiongkok. Foto: spc.int

jpnn.com - Tiongkok agaknya tidak bisa meremehkan kedekatan hubungan Taiwan dengan Tuvalu, negara pulau di Pasifik Selatan. Buktinya, berbagai tawaran dari perusahaan Tiongkok langsung ditolak mentah-mentah oleh pemerintah negara berpenduduk 11 ribu jiwa itu.

Dalam wawancara dengan Reuters, Menteri Luar Negeri Tuvalu Simon Kofe mengungkapkan bahwa negaranya telah menolak tawaran dari perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk membangun pulau-pulau buatan dengan teknik reklamasi. Padahal, Vanuatu membutuhkan reklamasi untuk mengatasi persoalan permukaan laut yang sedang membayangi pulau kecil di Pasifik Selatan itu.

Proposal Tiongkok tersebut dipandang sebagai pendekatan untuk merusak hubungan diplomatik Tuvalu dengan Taiwan. Alih-alih menerima bantuan, Tuvalu justru menyatakan secara eksplisit dukungannya terhadap Taiwan.

"Hubungan diplomatik Tuvalu dan Taiwan adalah yang terkuat dari yang pernah ada," ucap Kofe seraya mengatakan Tuvalu bersama Kepulauan Marshall, Palau, dan Nauru akan berkolaborasi untuk melawan pengaruh Tiongkok di kawasan.

Menjelang pemilihan ulang Taiwan pada Januari mendatang, Tiongkok memang gencar melakukan kampanye menjauhkan Taiwan dari sekutu-sekutunya. Sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjabat pada 2016, Tiongkok setidaknya telah membuat 7 negara menanggalkan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Contohnya, dalam beberapa bulan terakhir, Kiribati dan Kepulauan Solomon kompak untuk meninggalkan Taiwan dan tunduk kepada one country, two system yang digalang Tiongkok.

Diungkapkan oleh Kofe, keputusan Kiribati untuk meninggalkan Taiwan karena dibujuk oleh Tiongkok dengan iming-iming pesawat terbang. Sedangkan Kepulauan Solomon dirayu dengan dana pembangunan.

Sementara itu, menurut Kofe, pendekatan yang dilakukan oleh Tiongkok kepada Tuvalu adalah dengan menggunakan perusahaan-perusahaannya. Mereka mendekati komunitas lokal dan mencari celah dengan mendukung rencana pemerintah untuk membangun pulau reklamasi senilai USD 400 juta atau setara dengan Rp 5,6 triliun.

Tiongkok agaknya tidak bisa meremehkan kedekatan hubungan Taiwan dengan Tuvalu, negara pulau di Pasifik Selatan

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News