Anak Cacingan Jangan Dianggap Sepele

Anak Cacingan Jangan Dianggap Sepele
Anak Cacingan Jangan Dianggap Sepele
PENCEGAHAN terhadap risiko cacingan pada anak sering kali terlupakan. Padahal masalah cacingan tidak dapat dianggap sepele karena bisa mengganggu proses perkembangan anak, mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, kecerdasan dan produktifitas penderitanya. Dampak terburuk  bisa menyebabkan anemia berat.

“Prevalensi cacingan di Indonesia pada umumnya masih sangat tinggi, terutama pada golongan penduduk kurang mampu,” kata Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumut, Sukarni, seperti diberitakan Sumut Pos (grup JPNN).

Menurutnya, berdasarkan hasil survey yang dilakukan Dinas Kesehatan Sumut pada 2011 di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten/Kota, dari 1358 jumlah sampel ada 381 anak yang positif terinfeksi cacing gelang, 225 terinfeksi cacing cambuk dan 18 anak yang terinfeksi cacing tambang.

“Karena keterbatasan dana, jadi kita hanya melakukan survey di beberapa sekolah saja. Tapi kita lebih fokus pada anak-anak di Sekolah Dasar. Kalau prevalensinya di atas 50 persen, kita akan melakukan pengobatan massal hingga 2 kali setahun. Tapi jika prevalensinya 25-50 persen, maka pengobatan massal hanya sekali setahun saja,” jelasnya.

PENCEGAHAN terhadap risiko cacingan pada anak sering kali terlupakan. Padahal masalah cacingan tidak dapat dianggap sepele karena bisa mengganggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News