Anak Tidur Lebih Awal Bisa Menangkal Obesitas saat Remaja

Anak Tidur Lebih Awal Bisa Menangkal Obesitas saat Remaja
Ilustrasi

jpnn.com - ANAK-anak prasekolah yang kerap tidur pada pukul 20.00 WIB, beresiko menjadi gemuk 10 tahun ke depan, daripada mereka yang masih terjaga setelah pukul 21.00 WIB.

"Mendorong anak-anak pergi tidur lebih awal mungkin menjadi salah satu cara untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih dikemudian hari," kata penulis utama studi, Dr. Sarah Anderson, seperti dilansir laman Lifespirit, Kamis (1/9).

Kelebihan berat badan pada anak-anak menjadi masalah kesehatan utama di AS, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 17 persen anak-anak dan remaja telah mengalami obesitas.

Anderson menggunakan data pada 977 anak-anak yang lahir sehat pada 1991, yang dilacak setiap tahun sampai mereka berusia 15 tahun.

Ketika anak-anak berusia 4 tahun, rata-rata ibu mereka melaporkan waktu tidur pada hari kerja biasa mereka.

Setengah anak-anak tidur di antara pukul 20.00-21.00 WIB, seperempat pergi tidur pada pukul 20.00 WIB atau sebelumnya dan seperempat lagi pergi tidur setelah pukul 21.00 WIB.

Ketika para peneliti melihat bobot anak-anak 15 tahun, mereka menemukan bahwa anak-anak prasekolah yang pergi tidur sebelum pukul 20.00 WIB, lebih kecil kemungkinannya menjadi gemuk saat remaja.

Kemungkinan obesitas lebih besar untuk anak-anak yang tidur antara pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB. Dan terbesar adalah bagi mereka yang tidur setelah pukul 21.00 WIB, ketika mereka masih kecil.

ANAK-anak prasekolah yang kerap tidur pada pukul 20.00 WIB, beresiko menjadi gemuk 10 tahun ke depan, daripada mereka yang masih terjaga setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News