Baca! Manfaat Ajaib Kunyit untuk Kesehatan

Baca! Manfaat Ajaib Kunyit untuk Kesehatan
Kunyit. Foto: nationalgeographic

KUNYIT adalah salah satu rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran karena manfaat rempah ini tidak hanya untuk masakan melainkan juga untuk kesehatan.

Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit.

" Sungguh menarik bahwa kita di Barat merasa seperti kunyit sangat populer baru-baru ini padahal rempah ini telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun," kata seorang spesialis kedokteran integratif di Cleveland Clinic Wellness Institute, Dr. Lyla Blake-Gumbs, seperti dilansir laman Today.

Menurutnya, sekarang kunyit pun dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

" Kunyit efektif untuk osteoarthritis dan sejumlah studi telah menunjukkan beberapa keberhasilan dalam penyakit Crohn, ulcerative colitis, rheumatoid arthritis dan IBS," kata Blake-Gumbs.

Serta setidaknya satu percobaan menunjukkan bahwa rempah-rempah ini bisa membantu mencegah pasien pra-diabetes dari mendapatkan penyakit diabetes seutuhnya.

Banyak penelitian telah memfokuskan perhatian mereka pada kurkumin, yaitu bahan aktif dalam kunyit. Sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan pada 2014 lalu menemukan bahwa kapsul kurkumin bisa menghilangkan rasa sakit di lutut.

Sebuah penelitian penyakit Alzheimer pada tikus tahun lalu juga menemukan bahwa rempah-rempah kunyit meningkatkan memori kerja.

" Banyak manfaat kesehatan kunyit karena mereka juga mengandung antioksidan dan anti-inflamas yang kuat," kata Dr. Melissa Young, seorang spesialis kedokteran integratif di Wellness Institute.

" Ada semakin banyak bukti tentang manfaat kunyit pada otak. Beberapa studi menunjukkan kunyit sangat membantu dalam mengobati depresi juga," pungkas Young.(fny/jpnn)


KUNYIT adalah salah satu rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News