Senin, 11 Desember 2017 – 14:51 WIB

Analisa Tenaga Kerja Pertanian Indonesia di Kawasan ASEAN

Rabu, 13 Mei 2015 – 14:16 WIB
Analisa Tenaga Kerja Pertanian Indonesia di Kawasan ASEAN - JPNN.COM

INDONESIA merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Dari data grafik di atas menunjukan total jumlah penduduk dan angkatan kerja di Indonesia yang dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Tahun 2002 jumlah penduduk Indonesia sebesar 215 juta jiwa penduduk dan angkatan kerja sebesar 101 juta orang, tahun 2007 jumlah penduduk Indonesia meningkat menjadi 231 juta jiwa dan angkatan kerja 109 juta orang, dan di tahun 2012 jumlah penduduk Indonesia mencapai 247 juta jiwa dengan angkatan kerjanya sebesar 118 juta orang. Hal ini disebabkan karena meningkatnya angka pernikahan Dini di desa maupun di kota.


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan khawatir karena terjadi peningkatan pernikahan usia dini di perkotaan. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, perempuan usia 15-19 tahun yang menikah di perkotaan meningkat menjadi 32%. Bila dibandingkan dengan lima tahun lalu, persentase pernikahan dini di perkotaan 26% dari total populasi kelompok usia tersebut.

Fenomena tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi di pedesaan, dimana pada tahun 2012 angka pernikahan dini  di pedesaan menurun menjadi 58% dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya tahun 2007 yang mencapai angka 61%, demikian disampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasioanl (BKKBN).


Oleh karena itu, jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, hal ini juga berpengaruh terhadap peningkatan angkatan tenaga kerja.

Jumlah penduduk Indonesia yang besar bisa dijadikan sebagai modal utama, namun jumlah penduduk yang besar ini, jika tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai, akan menimbulkan permasalahan pengangguran.

Jumlah angkatan kerja Indonesia tahun 2012 sebesar 118 juta orang, jumlah tersebut sekitar 48% dari total penduduk Indonesia tahun 2012.
Di era globalisasi saat ini, masih banyak ditemui berbagai permasalahan ketenagakerjaan Indonesia, salah satunya permasalahan kualitas tenaga kerja Indonesia.

Kualitas tenaga kerja Indonesia masih terbilang rendah, dilihat dari segi latar belakang pendidikannya, kurangnya pengetahuan teknologi, serta terbatasnya fasilitas infrastuktur.


Sektor pertanian merupakan sektor yang memegang peranan penting dan strategis dalam perekonomian Indonesia. Pertanian yang berkembang dan maju dapat dilihat dari segi kuantitas dan kualitas tenaga kerja.

SHARES
TAGS   pakar
loading...
loading...
Komentar