Analisis Kang Ujang Tentang Peluang Gibran Jika Maju di Pilpres 2024

Analisis Kang Ujang Tentang Peluang Gibran Jika Maju di Pilpres 2024
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi peluang Gibran Rakabuming Raka diusung sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024, sama besar dengan peluangnya duduk sebagai calon wakil presiden nantinya.

Meski sama besar, persentasenya belum dapat diperkirakan. Pasalnya, putra Presiden Joko Widodo itu baru akan maju sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada 2020, sementara pilpres baru akan digelar empat tahun mendatang.

Besaran persentase sangat ditentukan popularitas dan elektabilitas Gibran nantinya.

"Peluangya bisa besar, tetapi bisa juga sangat kecil. Karena kan tergantung dari popularitas dan elektabilitas Gibran menjelang Pilpres 2024 nantinya," ujar Ujang kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini juga menilai, waktu empat tahun sangat cukup bagi Gibran mempersiapkan diri menuju Pilpres 2024, jika nantinya terpilih sebagai wali kota Solo pada Pilkada 2020.

"Saya kira sangat cukup waktu empat tahun, kan bisa membangun pencitraan dengan cepat," katanya.

Meski demikian, direktur eksekutif Indonesia Political Review ini menegaskan, hal yang paling utama bukan masalah waktu. Namun, seberapa besar peluang rakyat akan memilih Gibran nantinya.

Hal tersebut diyakini menjadi pertimbangan utama partai-partai politik dalam menentukan pilihan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

Waktu empat tahun sangat cukup bagi Gibran mempersiapkan diri menuju Pilpres 2024, jika nantinya terpilih sebagai wali kota Solo pada Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News