Anas: Banyuwangi Siap Sukseskan Pertemuan IMF-Bank Dunia

Anas: Banyuwangi Siap Sukseskan Pertemuan IMF-Bank Dunia
Luhut Binsar Panjaitan dan Abdullah Azwar Anas di Jakarta. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bandara Banyuwangi mendapat kepercayaan ditunjuk sebagai bandar udara pendukung Bandara Ngurah Rai, untuk menyambut pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia (World Bank) yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Pada ajang yang akan diikuti 18.000 delegasi dari 189 negara itu, sebagian rombongan akan mendarat di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkap, momen itu akan dimanfaatkan daerahnya untuk mendongkrak ekonomi lokal, termasuk dari sektor wisata dengan penyiapan sejumlah paket tur untuk delegasi dari luar negeri.

Nah, untuk memantapkan kesiapan, Anas menghadap Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta, Senin (26/2).

“Pak Luhut meminta kami memanfaatkan momen tersebut untuk menggerakkan ekonomi lokal. Pemerintah pusat akan bantu memfasilitasi yang dibutuhkan daerah. Ini memang momen bagus, kita menunjukkan ke dunia tentang Indonesia yang indah, rukun dalam keberagaman, sehingga mendukung pencapaian 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 sesuai target Presiden Jokowi,” ujar Anas.

Bupati kelahiran Banyuwangi berusia 44 tahun itu mengatakan, untuk menyambut kehadiran delegasi tersebut, sejumlah destinasi dan atraksi wisata telah disiapkan. Antara lain Gunung Ijen dengan fenomena api birunya, kawasan konservasi bahari Bangsring Underwater, dan desa wisata Songgon. “Sejumlah atraksi wisata budaya seperti tari Gandrung hingga wisata petik kopi Desa Gombengsari juga disiapkan,” ujar Anas.

Pak Bupati menambahkan, amenitas Banyuwangi juga terus dilengkapi. Pada tahun ini, segera diresmikan dua hotel bintang 4 dan bintang 3 dan penambahan kamar di sejumlah hotel berbintang yang mencapai 400 kamar.

"Kami juga meminta dukungan kepada pemerintah pusat untuk membenahi sejumlah fasilitas di lokasi wisata yang kewenangannya ada pada pusat. Seperti memperbanyak dan melengkapi toilet di Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo. Begitu juga dengan pembangunan marina di Pantai Boom bisa segera dituntaskan,” tutur Anas.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menghadap Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta, Senin (26/2), terkait pertemuan IMF-Bank Dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News