Anas: Caleg Terpilih Otomatis Jadi DPR

Nomor Urut Kangkangi Suara Rakyat

Anas: Caleg Terpilih Otomatis Jadi DPR
Anas: Caleg Terpilih Otomatis Jadi DPR
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mengatakan, penetapan calon legislatif terpilih berdasarkan suara terbanyak perlu dipertahankan pada revisi undang-undang paket politik. Meskipun cara ini tidak mengenakkan bagi para pekerja partai, karena tidak memberikan insentif.

"Penetapan calon legislatif terpilih perlu dipertahankan. Hemat saya, ini masih lebih baik dibanding penetapan calon terpilih berdasarkan nomor urut. Partai punya otoritas, tapi rakyat juga punya otoritas," kata Anas ketika menjadi keynote speak pada diskusi akhir tahun bertajuk Rekrutmen Partai Politik, Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi, di Mario Place, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/21).

Menurut mantan Ketua Umum PB HMI itu, penetapan calon terpilih dengan suara terbanyak memang tidak menguntungkan para pengurus partai. Alasannya, celah ini akan membuka calon legislatif yang bukan pekerja partai terpilih.

Beda halnya dengan penetapan caleg terpilih dengan nomor urut yang mengedepankan otoritas partai dan menguntungkan para pekerja partai. "Ini memang tidak mengenakan para pekerja partai, karena belum tentu mendapatkan insentif politik dengan cara seperti ini. Insentif paling tinggi hanya mendapatkan nomor urut pertama pada pencalonan," katanya.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mengatakan, penetapan calon legislatif terpilih berdasarkan suara terbanyak perlu dipertahankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News