Anas Ditahan, Citra Demokrat Kian Rapuh

Anas Ditahan, Citra Demokrat Kian Rapuh
Anas Ditahan, Citra Demokrat Kian Rapuh

jpnn.com - BANDUNG - Ditahannya mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menekan partai berlambang segi tiga itu.

Sejumlah kalangan menilai, penahanan Anas menambah kerapuhan citra partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono di mata masyarakat.

Pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi mengatakan, penahanan Anas semakin melekatkan citra korup pada Partai Demokrat. Seperti diketahui, sebelum Anas, terdapat beberapa kader Partai Demokrat yang terjerat kasus korupsi dan kini menghuni rumah tahanan.

Kondisi ini akan merugikan partai pemenang Pemilihan Umum Legislatif 2009 itu. Terlebih, Pileg 2014 yang akan digelar pada 9 April mendatang sudah di depan mata.

Muradi pun menilai, pada Pileg 2014, Partai Demokrat tidak akan mengulangi kesuksesannya sebagai pemenang pemilu. Bahkan, dia berpendapat, pada Pileg 2014 mendatang, di tingkat nasional Partai Demokrat hanya akan meraih suara sekitar 5 hingga 7 persen.

"Hasil survei memperlihatkan tren Demokrat ini terus menurun. (Survei) sebelumnya masih 12 persen, lalu turun jadi 10 persen, dan kini (survei) yang terbaru 7,2 persen," kata Muradi saat dihubungi, Senin (13/1).

Kondisi yang sama akan terjadi di Jawa Barat. Jika pada Pemilu 2009 Partai Demokrat unggul di Jabar dengan meraih sekitar 24 persen suara, menurut Muradi pada Pileg 2014 partai tersebut akan kehilangan banyak suara.

"Di Jabar, dapat 10 persen saja sudah bagus. Tapi saya rasa itu sulit," paparnya.

BANDUNG - Ditahannya mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menekan partai berlambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News