Anas Khawatir Penembakan Aceh Terkait Pilkada

Anas Khawatir Penembakan Aceh Terkait Pilkada
Anas Khawatir Penembakan Aceh Terkait Pilkada
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum meminta Polri memberi perhatian yang lebih serius terhadap empat peristiwa penembakan misterius di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sejak 31 Desember 2011yang telah menewaskan delapan warga.

Meskipun tidak eksplisit, Anas tampaknya khawatir adanya keterkaitan antara tindak kekerasan itu dengan agenda pilkada gubernur NAD pada 6 Februari 2012 mendatang. "Situasi yang kondusif menjelang pilkada sangat penting," kata Anas di Jakarta, kemarin (6/1).

Dia menegaskan kelancaran penyelenggaraan pilkada dan kualitas demokrasi sangat dipengaruhi oleh tingkat keamanan dan rasa aman di tengah masyarakat. "Tapi, ini bukan hanya menyangkut keamanan Aceh menjelang pilkada saja. Tetapi terawatnya perdamaian di Aceh," ujar Anas.

Terkait praktek kekerasan yang muncul dalam pilkada sendiri, Anas menyebut itu bersifat kasuistik. Kekerasan yang muncul juga bukan karena pilkada langsung itu sendiri. Melainkan lebih dikarenakan ketidakdewasaan politik para elit. "Bisa juga karena potensi konflik lokal yang khas dan sudah menahun," kata Anas.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum meminta Polri memberi perhatian yang lebih serius terhadap empat peristiwa penembakan misterius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News