Anas Tunjukkan Bukti Baru ke KPK

Mirip Kuitansi, Ada Nama Lain Terlibat Hambalang

Anas Tunjukkan Bukti Baru ke KPK
Anas Tunjukkan Bukti Baru ke KPK

jpnn.com - JAKARTA - Kubu Anas Urbaningrum kembali mengeluarkan gertakan. Kali ini mantan ketua umum Partai Demokrat itu disebut telah menyerahkan sebuah bukti penting kepada penyidik. Mereka mengklaim bahwa bukti tersebut bakal membuat Indonesia terguncang bila diseriusi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuasa hukum Anas, Carrel Ticualu, mengatakan bahwa dokumen berisi bukti itu diserahkan kliennya saat menjalani pemeriksaan Jumat lalu (28/2). Namun, Carrel enggan membuka mulut soal siapa yang dilaporkan dalam bukti tersebut. “Ada satu bukti yang sudah ditunjukkan ke penyidik,” ujar Carrel, Sabtu (1/3).

Sebelumnya, kubu Anas suka melemparkan kode-kode. Carrel hanya mengatakan, bukti itu terkait dengan orang penting di Indonesia

Menurut Carrel, bukti tersebut berbentuk dokumen seperti tanda terima atau kuitansi. Dia optimistis bukti tersebut tidak akan diabaikan oleh penyidik KPK. Namun, Carrel tahu bahwa pihaknya tidak bisa memaksa KPK untuk bergerak. ''Bergantung kepada penyidik kapan mau menelusuri. Ini bukan fitnah,'' tegasnya.

Saat ini disebutkan bahwa bukti itu belum sepenuhnya masuk ke penyidik. Setelah bukti tersebut ditunjukkan oleh Anas, dia mengklaim bahwa penyidik meminta untuk menyimpan. Dikatakan, saat ini belum waktunya membongkar apa yang ada di tangan Anas tersebut.

Tidak hanya Carrel yang bermain kode. Anas setelah diperiksa juga demikian. Dia mengatakan, penyidik sempat menyinggung soal kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010. Dia kembali menjelaskan soal struktur organisasi berdasar hasil kongres. Mulai posisi majelis tinggi, dewan pembina, dewan kehormatan, hingga posisi DPP.

“Yang pasti, kewenangan atau kekuasaan tertinggi hasil kongres ada di (ketua) majelis tinggi, Bapak SBY,” jelasnya. Namun, seperti biasa, sinyal menyebut SBY itu tidak mau disampaikan secara lugas.

Selain soal kongres, Anas mengaku sempat ditanya soal hubungan kekerabatannya dengan Mahfud Suroso, Agus Martowardojo, hingga mantan Menpora Andi Mallarangeng. Namun, hingga saat ini, pemeriksaan dia belum juga masuk substansi. Anas heran, hingga saat ini penyidik tidak kunjung menanyakan Toyota Harrier yang disebut-sebut bagian dari gratifikasi untuknya.

JAKARTA - Kubu Anas Urbaningrum kembali mengeluarkan gertakan. Kali ini mantan ketua umum Partai Demokrat itu disebut telah menyerahkan sebuah bukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News