Anda Mengalami Ciri-ciri yang Disebut Dokter Spesialis ini? Berhati-hatilah!

Anda Mengalami Ciri-ciri yang Disebut Dokter Spesialis ini? Berhati-hatilah!
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Virus Corona (COVID-19) rentan menyerang orang yang menderita penyakit tak terkontrol.

Selain itu, COVID-19 juga mudah menyerang orang dengan sistem imun tubuh lemah dan tekanan darah yang tinggi, terutama yang menahun.

Demikian dikemukakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Badai Bhatara Tiksnadi.

"Tekanan darah yang tinggi terutama kondisi yang menahun akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi tidak sanggup menghadapi infeksi virus dan akhirnya terkena COVID-19," ujar Badai dalam webinar kesehatan, Kamis (3/6).

Badai mengatakan, data Satgas COVID-19 menunjukkan dari sekitar 1400-an pasien COVID-19, sebanyak 50 persen di antaranya mengalami hipertensi.

Penyakit terkait tekanan darah di atas 140/90 mmHg ini bahkan menjadi komorbid terbanyak pada kasus COVID-19, diikuti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Pasien yang tekanan darahnya tidak terkontrol atau tidak diobati akan berisiko mengalami COVID-19 berat dan komplikasi dibandingkan mereka yang terkontrol.

Kemudian, mereka bersama dengan penyandang penyakit jantung, diabetes, masalah ginjal dan obesitas juga mengalami angka kesakitan dan kematian yang tinggi akibat COVID-19.

Apakah anda atau orang terdekat mengalami ciri-ciri yang disebut dokter spesialis ini? Sebaiknya berhati-hatilah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News