JPNN.com

Anda Mulai Stres karena Pekerjaan? Coba Lakukan Meditasi

Selasa, 01 Mei 2018 – 21:02 WIB Anda Mulai Stres karena Pekerjaan? Coba Lakukan Meditasi - JPNN.com
Ilustrasi. Meditasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Tekanan hidup akibat pekerjaan, keluarga hingga masalah asmara kerap mengakibatkan stres bahkan depresi.

Namun, hal itu dapat diredam dengan melakukan meditasi.

Dilansir dari mensjournal, rutin melakukan meditasi ternyata membawa banyak manfaat. Di antaranya dapat membuat tidur menjadi lebih baik, dan meredakan depresi.

Dalam studi Biologi Eksperimental 2018 di San Diego, CA, peneliti merekrut 14 pria dan wanita dengan kecemasan tinggi tetapi tekanan darah normal.

Mereka menganalisis denyut jantung peserta, tekanan darah, tekanan darah aorta, dan kekakuan arteri (semua faktor yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular) sebelum dan sesudah sesi meditasi perkenalan yang dipandu selama satu jam. Sesi ini melatih peserta melalui pernapasan dan perhatian terfokus.

“Hasil kami menunjukkan pengurangan yang jelas dalam kecemasan pada jam pertama setelah sesi meditasi, dan hasil awal kami menunjukkan bahwa kecemasan secara signifikan lebih rendah satu minggu setelah sesi meditasi,” kata penulis studi terkemuka John J. Durocher, Ph.D.

Peserta juga mengalami pengurangan tekanan mekanik pada arteri mereka satu jam setelah sesi. Kondisi seperti ini bisa membantu mengurangi stres yang dialami berbagai organ. Di antaranya yaitu otak dan ginjal. Selain itu juga membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Menurut Rinzler, Anda hanya perlu melakukan tiga langkah saat bermeditasi: Duduklah dengan postur yang santai dan terangkat. Lalu berikan perhatian penuh pada nafas Anda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...