Andatu, Bayi Badak Sumatera Genap Setahun

Andatu, Bayi Badak Sumatera Genap Setahun
Andatu, Bayi Badak Sumatera Genap Setahun
JAKARTA - Peringatan ulang tahun Andatu, Badak Sumatera bisa jadi merupakan momen paling istimewa. Maklum, mungkin baru kali pertama ini ada badak yang dirayakan hari lahirnya. Hajatan itu digelar di paddock (kandang) berukuran sekitar 100x100 meter persegi, yang menjadi habitat pertama Andatu di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung, Minggu (23/6).

Meski tanpa balon dan pernak-pernik lainnya, acara ulang tahun Andatu berlangsung meriah. Untuk menandai hari spesial itu disiapkan berbagai macam buah-buahan yang disusun mirip tumpeng. Ada pisang, apel, jambu biji, jeruk, nanas, dan anggur.

Ditemani induknya, Ratu, anak badak jantan ini tampak sangat sehat. Perkembangannya begitu pesat. Tinggi badan Andatu sudah hampir menyamai sang induk. Bobotnya mencapai 350 kg, dimana ketika dilahirkan setahun yang lalu berat badannya sekitar 30 kg. Ia langsung mendekat saat ada orang yang memperhatikannya dari pinggir kandang. Dikira ingin memberi makan. Sesekali ia juga lincah berlari memutari kandangnya.

Peringatan setahun Andatu mendapat perhatian khusus dari Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan. Buktinya, menteri kelahiran Lampung ini datang langsung dan larut dalam suasana gembira bersama para petugas TNWK dan awak media. Dia menyuapi Andatu dengan pisang dan apel, serta memimpin pemindahan anak badak ini ke kandang yang lebih luas.

JAKARTA - Peringatan ulang tahun Andatu, Badak Sumatera bisa jadi merupakan momen paling istimewa. Maklum, mungkin baru kali pertama ini ada badak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News