Andi Akmal Minta Bulog Ambil Peran dalam Menjaga Stabilitas Harga Pangan

Andi Akmal Minta Bulog Ambil Peran dalam Menjaga Stabilitas Harga Pangan
Anggota DPR RI Andi Akmal Pasluddin meminta Bulog mengambil peran penting dalam menjaga stabilitas harga. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Andi Akmal Pasluddin meminta Bulog mengambil peran penting dalam menjaga stabilitas harga pangan strategis.

Sebab, Bulog merupakan lembaga yang paling lengkap instrumen logistiknya di setiap kabupaten kota di Indonesia.

Menurut dia, Bulog merupakan lembaga pemerintah setingkat kementerian atau di bawahnya sebagai pengendali penuh pengelolaan pangan mulai dari hulu hingga hilir.

Mulai dari penyediaan pupuk, benih, persiapan lahan hingga sarana prasarana produksi di tingkat hulu, pelaksanaan produksi, dan sampai akhir panen, pascapanen, distribusi yang berujung tata niaga pangan sampai konsumen akhir.

"Tapi kenyataannya, 10 tahun penantian lembaga pengampu pangan ini terbentuk, kenyataannya harapan yang dinantikan sekian lama atas amanat UU Pangan jauh dari ekspektasi”, tutur Akmal.

Politisi PKS itu menambahkan peran Bulog bisa dimaksimalkan pada tahun ini, sehingga dapat menjadi bukti lembaga yang memiliki peran strategis dalam menjalankan fungsinya.

Dia mengatakan tahu-tempe, minyak goreng, daging, cabai, bawang, dan daging ayam, telur ayam, bisa dikelola Bulog.

Sehingga pemerintah semua lembaga memberikan kemudahan dalam semua akses untuk Bulog mengisi gudang-nya di setiap daerah dengan komoditas pangan strategis.

“Saya memperhatikan, Wakil Presiden sudah memastikan Bulog memiliki stok aman menjelang ramadan dengan meninjau gudang-gudang penyimpanan pangan sekaligus memastikan teknologi penyimpanan dapat berjalan baik," tuturnya.

Anggota DPR RI Andi Akmal Pasluddin meminta Bulog mengambil peran penting dalam menjaga stabilitas harga pangan strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News