Andi Mallarangeng Teringat Orde Baru ketika Tahu Moeldoko Terlibat Kudeta Demokrat

Andi Mallarangeng Teringat Orde Baru ketika Tahu Moeldoko Terlibat Kudeta Demokrat
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Majelis Tinggi DPP Demokrat Andi Mallarangeng mengaku teringat dengan cara-cara orde baru setelah mengetahui Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko terlibat dalam upaya kudeta di partai berlambang bintang mercy.

Sebab, kata Andi, praktik yang berlaku di masa orde baru yakni mengintervensi partai untuk kepentingan kekuasaan, dan melibatkan orang lingkaran penguasa pada masa itu.

"Ini praktik-praktik lama. Sejarah orde baru itu adalah sejarah pengambilalihan, intervensi ke partai lain," ujar Andi dalam diskusi virtual bertema Partai Demokrat Masih Memikat? pada Sabtu (6/2).

Menurut mantan Menpora RI dengan nama lengkap Andi Alfian Mallarangeng ini, Moeldoko memang terlibat dalam proses kudeta Demokrat.

Dia kembali mengatakan bahwa Moeldoko telah bertemu dengan beberapa kader Demokrat di Hotel Aston, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bahkan, kata pria kelahiran Makassar, 14 Maret 1963 ini, uang muka telah diberikan kepada beberapa kader agar kudeta Demokrat berjalan mulus.

"Kemudian, tentu saja masing-masing anggota DPD (Demokrat, red) dijanjikan uang dan diberikan persekot," sebut Andi.

Walakin, kader Demokrat rupanya masih loyal berada di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sehingga mereka melayangkan laporan atas informasi kudeta itu.

Andi Mallarangeng sebut praktik orde baru mengintervensi partai untuk kepentingan kekuasaan dan melibatkan orang lingkaran penguasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News