Aneh bin Ajaib! PAN dan PPP Malah Merobek Tiket Kader Sendiri

Aneh bin Ajaib! PAN dan PPP Malah Merobek Tiket Kader Sendiri
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengaku heran PAN dan PPP rela merobek tiket pilpresnya sendiri dengan mengusung sosok nonkader.

Langkah mempromosikan capres dan cawapres nonkader bentuk tidak solidnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun bersama Golkar.

"Saya heran partai merobek tiketnya, artinya tidak memakai tiket mengusung kadernya sendiri. Bagaimana enggak aneh bin ajaib PAN mengusung pasangan Ganjar-Erick dan PPP mengusung Sandiaga Uno. Nama-nama yang tidak ada satupun kader KIB," ujarnya, Jumat (31/3).

Pangi mengatakan sulit menyebut KIB sebagai koalisi yang solid di saat ada dua partai "hobi" mengakusisi kader partai lain. Ini menandakan tidak adanya kepercayaan yang tinggi terhadap kader sendiri.

Ketidaksolidan semakin menguat saat Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bermanuver menghadiri buka puasa bersama dengan partai di luar KIB.

Airlangga, menurut Pangi, sebenarnya punya kans dan peluang yang lebih baik sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Bersatu.

"Koalisi Indonesia Bersatu di ujung tanduk, kenapa enggak kunjung mengumumkan capres-cawapres dari KIB, boleh jadi memang mereka ngak punya capres-cawapres," ujarnya.

Pangi menambahkan Golkar sejauh ini adalah partai yang hampir tidak menghadapi kesulitan dan bisa berkoalisi dengan koalisi manapun.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengaku heran dengan langkah PAN dan PPP merobek tiket pilpresnya sendiri dengan mengusung sosok nonkader

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News