Anggap Masa Kritis Covid-19 Tinggal 2 Bulan Lagi, Pak Luhut Semangati UMKM

Anggap Masa Kritis Covid-19 Tinggal 2 Bulan Lagi, Pak Luhut Semangati UMKM
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara/HO

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa critical time atau masa-masa kritis pandemi Covid-19 di Indonesia tinggal dua bulan lagi jika Desember mendatang sudah ada vaksin.

Menurutnya, jika tak ada aral melintang ataupun kendala, Indonesia akan menerima 30 juta hingga 40 juta vaksin Covid-19 pada Desember 2020.

"Setelah itu (ada vaksin pada Desember 2020, red) nanti kuartal pertama tahun depan keadaan akan menjadi makin baik," ujar Luhut dalam acara peluncuran Bangga Buatan Indonesia secara daring, Rabu (16/9).

Mantan menteri koordinator politik, hukum dan keamanan itu menambahkan, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dalam beberapa bulan belakangan ini sudah makin baik.

Luhut lantas membandingkan dengan kondisi pada awal pandemi atau Maret hingga Mei. "Masih banyak mengalami hambatan, tetapi sekarang sudah makin tertib penanganannya," tuturnya.

Melihat kondisi tersebut, mantan Dubes RI untuk Singapura itu menyemangati para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Luhut meminta para pelaku UMKM  bersiap dalam menghadapi persaingan yang makin bebas.

"Ayo siapkan diri, Indonesia harus lebih baik, UMKM harus bangga bahwa kalian adalah ujung tombak, tulang punggung dari ekonomi Indonesia," tegasnya.(mcr2/jpnn)

 

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menyatakan bahwa critical time atau masa-masa kritis pandemi Covid-19 di Indonesia tinggal dua bulan lagi jika Desember mendatang sudah ada vaksin.


Redaktur & Reporter : Rizki Sandi Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News