Anggaran Dipangkas Kementan Konsisten Jaga Ketahanan Pangan

Anggaran Dipangkas Kementan Konsisten Jaga Ketahanan Pangan
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Senin (22/6). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - DPR mencermati berbagai kebijakan yang diambil oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam rapat Kerja Pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Komisi IV, Senin (22/6), sejumlah anggota DPR mengapresiasi kinerja Kementan.

Anggota komisi IV DPR RI dari partai PKB Luluk Nur Hamidah menegaskan, sepaham dengan pemikiran Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menekankan, harus ada koordinasi dengan seluruh pihak termasuk Kementerian lainnya dalam penanganan ketahanan pangan.

"Semangat luar biasa diperlihatkan Pak Mentan, saat merumuskan kebijakan pertanian. Kita harapkan, bisa dijalankan dengan baik oleh seluruh jajaran Kementan," katanya saat Raker Komisi IV DPR RI bersama Kementan.

Hal senada juga diungkapkan Anggota DPR RI Komisi IV dari Partai Gerindra, Endang Setiawati Thohari yang menyatakan meski mengalami pemotongan anggaran, namun Kementan masih terus berupaya memaksimalkan produksi pertanian.

"Sedikit memberikan masukan, diperlukan grand strategi untuk political Will yang kuat sehingga mendorong kedaulatan pangan ini. Litbang dan SDM pertanian, juga sangat penting dengan bioteknologi yang dihasilkan meskipun dalam kondisi anggaran kurang," ucapnya.

Kementan, dalam kesempatan ini juga menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan anggaran ketahanan pangan Tahun 2019, diketahui realisasi anggaran dari Bulan Januari hingga akhir Desember (2019)sebesar Rp. 19,42 triliun atau 88,97% dari pagu sebesar Rp. 21,83 triliun.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, realisasi anggaran tertinggi adalah Badan Karantina Pertanian yang mencapai 99,18 persen. Kemudian diikuti Sekretariat Jenderal 98,37 persen dan Badan Ketahanan Pangan mencapai 97,05 persen.

Sejumlah anggota DPR mengapresiasi kinerja Kementan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News