Anggaran Infrastruktur 2013 USD 20 Miliar

Fokus Sektor Energi dan Transportasi

Anggaran Infrastruktur 2013 USD 20 Miliar
Anggaran Infrastruktur 2013 USD 20 Miliar
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu bagian penting dalam pembangunan nasional. Setidaknya itu jika dilihat dari alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah untuk tahun 2013, yakni mencapai USD 20 miliar.

"Dana ini akan kita alokasika pada sektor energi dan transportasi," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka Asia Pacific Ministers and Regional Governors Conference on Sustainable and Inclusive Infrastructure Development di Jakarta Convention Center (JCC), kemarin (28/8). Selain konferensi itu, juga dilangsungkan Konferensi dan Pameran Infrastruktur Internasional Indonesia 2012.

SBY mengungkapkan, untuk sektor transportasi, pemerintah berencana menambah kapasitas jalan-jalan nasional sepanjang sepanjang 4.278 kilometer dari yang sudah ada. "Kita "juga berencana untuk membangun jalan-jalan baru sepanjang 559 kilometer, rel kereta api sepanjang 380 kilometer, dan 15 pelabuhan udara baru," katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, pemerintah sudah meluncurkan proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Di dalamnya terdapat 135 proyek pembangunan infrastruktur dan sektor riil yang sudah dimulai dengan nilai investasi lebih dari Rp 490 triliun.

JAKARTA - Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu bagian penting dalam pembangunan nasional. Setidaknya itu jika dilihat dari alokasi anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News