Anggaran Pertanian Harus Ditambah

Anggaran Pertanian Harus Ditambah
Anggaran Pertanian Harus Ditambah
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2012 sebesar 6,3 persen masih disokong oleh sektor pertanian. Karenanya, diharapkan pemerintah bisa meningkatkan anggaran pertanian  agar ke depan bisa berkontribusi lebih baik lagi.

"Ditengah melambungnya harga pangan dunia, ternyata sektor pertania kita cukup tangguh bahkan mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Maka pemerintah perlu terus dalam meningkatkan  anggaran pertanian dan optimalkan teknologi tepat guna dengan menyesuaikan musim tanam," ujar Anggota Komisi IV DPR-RI Rofi Munawar di Jakarta, Senin (14/5).

Meski salah satu penopang pertumbuhan ekonomi adalah sektor pertanian, namun sambungnya, angka pertumbuhan ekonomi saat ini belum mampu menyerap tenaga kerja di sektor pertanian secara maksimal.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 42 persen tenaga kerja Indonesia berada di sektor pertanian. Namun kini banyak pindah ke sektor lain seperti menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) keluar negeri atau beralih menjadi buruh non pertanian karena dipandang pertanian tidak cukup menjanjikan.

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2012 sebesar 6,3 persen masih disokong oleh sektor pertanian. Karenanya, diharapkan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News