Anggota DPD Masih Kalah Populer dari LSM

Anggota DPD Masih Kalah Populer dari LSM
Lembaga Survey Indonesia (LSI) menggelar diskusi dengan tema "Peluang dan Harapan Masyarakat Atas DPD RI", Jakarta, Minggu (26/2). Diskusi ini menghadirkan narasumber, Peneliti LIPI DR. Siti Zuhro (kiri) dan Akademisi UGM DR Fajrul Falakh. Foto : Arundono/JPNN
JAKARTA - Akademisi Universitas Gajahmada (UGM) Fajrul Falaakh menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI),  bertajuk 'Peluang dan Harapan DPD RI : Sebuah Evaluasi Publik, Minggu (26/2) di Jakarta. Menurutnya, kendala yang dihadapi DPD bukan hanya dari sisi masalah formal semata, seperti kewenangan yang terbatas tapi juga masalah keangggotaan DPD sendiri secara internal.

Fajrul pun lantas mengkritik survei LSI yang tidak menampilkan variabel kinerja DPD hubungannya dengan profil masing-masing anggotanya. "Barangkali ada faktor di internal DPD yang menyumbang. Sering saya dengar dari Anggota DPD, kita ini masih kalah populer dari LSM," ujarnya.

Menurut dia, fungsi sederhana adalah DPD harusnya bisa mengartikulasikan kepentingan daerah. "Itu saja. Jangan-jangan  ada kelemahan pada DPD itu sendiri. Dengan kata lain, pemahaman mereka mengenai persoalan daerah," ungkap dia.

"Pemahaman mereka mensubtiasnsikan itu pun kurang memadai dalam arti seperti standarnya lembaga nasional, kemampuan mengartikulasikan kepentingan publik tidak cukup jalan," kritis Fajrul.

JAKARTA - Akademisi Universitas Gajahmada (UGM) Fajrul Falaakh menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI),  bertajuk 'Peluang dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News