Anggota DPR dan PJ Walikota Puji Langkah Menpora Dito Gelar Kejuaraan Tarkam di Kota Sorong

Anggota DPR dan PJ Walikota Puji Langkah Menpora Dito Gelar Kejuaraan Tarkam di Kota Sorong
Anggota DPR dan Bupati memuji langkah Menpora Dito Ariotedjo yang menggelar Kejuaraan Tarkam di Kota Sorong. Foto: Kemenpora

jpnn.com - Seperti namanya, Kejuaraan Antarkampung Kemenpora 2023 digelar untuk menyentuh masyarakat di lapisan terbawah, yakni desa dan kampung. Kali ini, program unggulan Menpora Dito Ariotedjo itu berlangsung di Kota Sorong.

Pembukaan Kejuaraan Tarkam Kota Sorong bertepatan dengan Hari Otonomi Khusus ke 22 dan Hari Ulang Tahun Pertama Provinsi Papua Barat Daya.

Pembukaan dilaksanakan di Gedung Olahraga Galaya Raya, Rabu 22 November yang diikuti 240 Atlet dari 10 Distrik se Kota Sorong, yaitu Klaurung, Meladun Mes, Malaimsimsa, Sorong, Sorong Barat,Sorong Kepulauan, Sorong Kota, Sorong Manoi, Sorong Timur, dan Sorong Utara.

Setelah pembukaan, para peserta, masyarakat, dan tamu undangan menjalani senam Kebugaran Jasmani 2021 yang di pimpin oleh Istruktur Kak Lody dari Jakarta.

Daya Istiyono selaku ketua IGORNAS Provinsi Papua Barat melaporkan Kejuaran Tarkam ini diikuti oleh siswa-siswa yang berada di distrik masing-masing.

Lebih lanjut, Istiyono menjelaskan Kejuaraan Tarkam Kemenpora sejalan dengan amanat UU No. 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan Pasal 19, bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah serta Masyarakat berkewajiban menggali, mengembangkan, dan memajukan olahraga.

Karena itu, Pemerintah melalui Kemenpora membuat kegiatan Kejuaraan AntarKampung dengan dasar hukumnya ialah UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.

"Pemerintah menggelar Kejuaraan Tarkam ini bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam keolahragaan, menjadikan masyarakat dan pelajar menjadi bugar," kata Istiyono.

Anggota DPR dan Bupati memuji langkah Menpora Dito Ariotedjo yang menggelar Kejuaraan Tarkam di Kota Sorong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News